BAB I : PENDAHULUAN

Secara garis besar Bab I : Pendahuluan terdiri dari beberapa sub-bab, yang meliputi :

  1. Latar Belakang Masalah
  2. Perumusan Masalah
  3. Tujuan Penelitian
  4. Konstribusi Penelitian (bila ada)

Latar Belakang Masalah

Pada dasarnya mengemukakan alasan tentang pentingnya penelitian, yang dapt dilihat dari perkembangan ilmu pengetahuan atau permasalahanpraktis, atau menjawab pertanyaan mengapa penelitian dengan judul tersebut dilakukan. Oleh karenanya, uraian kualitatif dan kuantitatif (fenomena) dari hasil penelitian terdahulu maupun data sekunder dapat dijadikan dasar mengidentifikasi masalah penelitian. Hal ini disebabkan penelitian dimulai dari adanya masalah atau ingin menjawab suatu pertanyaan.

Perumusan Masalah

Merupakan suatu bentuk penjabaran terhadap masalah yang telah diungkapkan secara konkret dan penjabaran yang dilakukan harus terarah, sederhana, spesifik dan diformulasikan dalam kalimat tanya.

Tujuan Penelitian

Merupakan bentuk pertanyaan tentang apa yang akan dituju dengan kegiatan penelitian yang dilakukan. Oleh karena itu pertanyaan dilakukan secara deklaratif, ringkas, dan jelas tentang apa yang akan dilaksanakan dalam penelitian sesuai dengan sifat permasalahan dan hasil yang ingin dicapai dalam laporan penelitian. Penelitian dapat bertujuan untuk menjajagi, menguraikan, menerangkan, membuktikan, dan atau menerapkan suatu gejala.

Kontribusi Penelitian

Merupakan bentuk pertanyaan tentang kemungkinan kontribusi hasil penel;itian secara lebih spesifik, baik untuk pengembangan ilmu pengetahuan maupun untuk keperluan praktis.

About these ads